INDOPOLITIKA.COM – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) nampaknya bakal segera mendapatkan penghargaan bergengsi dalam waktu dekat ini.

Ya, sosok yang akrab disapa HD itu bakal dianugerahi tanda kehormatan Satyalancana. Hal ini menyusul adanya tim sekretariat militer presiden bersama Kementerian Pertanian, melakukan penilaian dan verifikasi usulan pemberian Satyalancana kepada HD, kemarin.

Mereka diterima HD di Ruang Tamu Gubernur Sumsel. Tim verifikasi Tanda Kehormatan SatyaLancana diketuai Kepala Biro Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono, M.Tr Opsla, didampingi Analis SDM Aparatur Ahli Muda Andi Supriadi, SAP dan Staf Biro GTK Brigadir Yosika Dwi Putri.

Sementara Tim Verifikasi dari Kementerian Pertanian RI diketuai oleh Endah Kartikawati.

Ludi Prastyono mengatakan, tujuan mereka berkunjung ke provinsi Sumsel dalam rangka melakukan verifikasi atas usulan pemberian tanda kehormatan Satyalancana kepada Gubernur Provinsi Sumsel.

Ludi Prastyono menilai pembangunan yang telah dilakukan di Provinsi Sumatera Selatan, khususnya melalui Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) cukup sukses.

Sementara itu HD menjelaskan bahwa apa yang dilakukannya melalui GSMP bukan sekadar untuk memperbanyak sayuran ataupun hewan ternak yang dimiliki masyarakat.

“GSMP kita canangkan dengan tujuan untuk merubah mindset warga agar mau merubah pola pikir mereka, dari yang tadinya membeli menjadi penghasil. Khusunya untuk kebutuhan pokok rumah tangga, seperti cabai, terong, ayam dan lainnya,” ungkap HD.

Dilanjutkannya jika mindset masyarakat telah berubah, maka masyarakat juga tidak akan resah lagi terhadap kenaikan harga bahan pokok di pasar.

“Karena mereka telah mampu memproduksi sendiri,” tutur HD.

Di kesempatan yang sama, salah satu warga Kelurahan Sialang mengucapkan terimakasihnya atas program GSMP. Menurutnya, apa yang telah dilakukan oleh Gubernur Sumsel tersebut sangat bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat lain karena telah membuka pikiran untuk menghasilkan kebutuhan pokok secara mandiri.

“Dalam kesempatan ini, saya sangat berterimakasih atas inisiatif Pak Gubernur dengan GSMP nya yang mengajak kami untuk mandiri dalam memenuhi kebutuhan pokok, apalagi kami telah diberikan bantuan bibit yang saat ini telah kami rasakan manfaatnya,” imbuhnya. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com