INDOPOLITIKA.COM – Uni Emirat Arab (UEA) telah mengalokasikan dana sebesar 10 miliar dolar AS atau setara Rp143,2 triliun untuk berinvestasi di Turki, demikian disampaikan Mohamed Hassan Al Suwaidi, Ketua Abu Dhabi Development Holding, pada Rabu (24/11).

Pengumuman itu disampaikan setelah pertemuan antara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Putra Mahkota UEA, Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan di Ankara pada Rabu. Kedua belah pihak berupaya memulihkan hubungan setelah ketegangan selama bertahun-tahun.

Kedua pemimpin tersebut menandatangani beberapa kesepakatan investasi dan kerja sama, termasuk nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) antara Abu Dhabi Port Company dan Turkey Wealth Fund.

Juga MoU antara bank sentral kedua negara, dan MoU terkait pertukaran informasi keuangan tentang pencegahan pencucian uang dan pendanaan terorisme, serta berbagai kesepakatan di bidang kepabeanan, energi, dan lingkungan.

Hubungan antara Turki dan negara Teluk itu sempat menegang karena konflik kepentingan mereka di Libya, Kawasan Teluk dan Mediterania Timur. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com