INDOPOLITIKA.COM – Polda Metro Jaya mengklaim aksi demonstrasi mahasiswa dan buruh hari ini berjalan dengan damai. Dalam demo ini sendiri, ada 7 tuntutan yang disampaikan massa ke Presiden Jokowi.

Polda Metro Jaya total mengerahkan 9.915 personel gabungan Polri, TNI, dan Satpol PP untuk mengamankan jalannya aksi. Di samping itu mereka juga melakukan filterisasi di perbatasan wilayah Jakarta untuk mengantisipasi adanya massa penyusup.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menyebut massa aksi di Gedung DPR RI dan Istana Negara telah membubarkan diri sejak sore tadi.

Meski, kata Zulpan, ada beberapa pihak yang diamankan karena diduga hendak melakukan provokasi. Namun secara umum demo berjalan cukup kondusif.

“Jadi secara umum kegiatan ini berjalan dengan lancar, terkendali dengan aman. Tadi di Patung Kuda kurang lebih ada 1.000 mahasiswa kemudian di depan DPR-MPR ada 600 lebih, baik dari elemen mahasiswa dan buruh,” kata Zulpan di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (21/4/2022).

Berikut tujuh tuntutan yang disuarakan oleh mahasiswa kepada Jokowi.

  1. Tolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden. Dalam orasi, mahasiswa mendesak pemerintah agar menindak tegas penjahat konstitusi dan menolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden.
  1. Turunkan harga kebutuhan pokok dan atasi ketimpangan ekonomi. Tuntutan kedua yaitu mahasiswa mendesak pemerintah untuk menurunkan harga kebutuhan pokok, serta mengatasi ketimpangan ekonomi.3
  2. Tidak represif terhadap masyarakat sipil. Mahasiswa juga mendesak pemerintah untuk menindak tegas segala tindakan represif terhadap masyarakat sipil, dengan mekanisme yang ketat dan tidak diskriminatif.4
  3. Wujudkan pendidikan ilmiah yang gratis dan demokratis. Tuntutan selanjutnya adalah mahasiswa mendesak pemerintah untuk mewujudkan pendidikan ilmiah yang gratis dan demokratis.
  1. Menolak RUU yang mendukung oligarki. Mahasiswa mendesak pemerintah agar mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) pro-rakyat, dan menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) yang mendukung para oligarki.
  2. Wujudkan reforma agraria. Dalam tuntutan keenam, mahasiswa mendesak pemerintah agar mewujudkan reforma agraria sejati.
  1. Tuntaskan seluruh pelanggaran HAM. Terakhir, mahasiswa juga menuntut pemerintah agar menuntaskan seluruh pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Tanah Air. [Red]
Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com