INDOPOLITIKA.COM – Menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan seraya rutin latihan dan bertanding tentu tidak harus memiliki fisik prima. Pasalnya, berpuasa membuat mereka tidak makan dan minum sejak matahari terbit hingga tenggelam.

Pelatih kepala Liverpool, Jurgen Klopp dilaporkan telah mengubah jadwal latihan timnya, karena banyak pemain yang berpuasa.

Ada empat pemain muslim yang berseragam The Reds. Mereka adalah Sadio Mane, Ibrahima Konate, Naby Keita dan Mohamed Salah.

Sikap Klopp pun diapresiasi oleh penyerang Liverpool, Sadio Mane. Menurut Mane, untuk latihan tidak mudah dalam kondisi berpuasa. Namun, dia telah berkomunikasi dan bernegosiasi kepada Klopp sebelum Ramadan tiba.

“Ini tidak mudah karena bermain dan berlatih sambil berpuasa sama sekali tidak mudah,” tutur Mane, dikutip dari laman The Athletic, Kamis (28/4/2022).

“Tapi sebelum Ramadan kami mencoba berbicara dengan kapten (Henderson) untuk memberi tahu bos (Klopp) mungkin kami bisa mengubah jadwal dan berlatih di pagi hari,” imbuh Mane.

Permintaan dari Mane pun mendapatkan respon positif dari Klopp. Pada akhirnya, Klopp memberikan dispensasi terhadap semua pemain Liverpool yang beragama Islam.

“Pelatih (Klopp) mengatakan ya dan saya pikir itu membuatnya lebih mudah dan kami berusaha melakukan yang terbaik,” tambah Mane.

“Ini lebih mudah bagi kami. Jika Anda berlatih di pagi hari maka Anda punya waktu untuk istirahat dan pulang. Jika Anda berlatih sekitar dua atau tiga kali, itu akan sulit,” katanya.

Mane juga mengatakan bahwa memang sulit untuk melakukan latihan dengan intensitas tinggi selama bulan Ramadan. Namun, Klopp dan Liverpool dianggap telah membuat segalanya lebih mudah bagi mereka yang beragama Islam.

“Kami berbicara dengan ahli gizi kami, Mona (Nemmer), dan terutama sebelum hari pertandingan dia melakukan segalanya lebih mudah bagi kami untuk memastikan kami dapat melakukan Ramadan kami,” pungkasnya.

Diketahui, ada beberapa pemain Muslim di skuad The Reds -julukan Liverpool yang sedang berpuasa. Di antaranya Sadio Mane, Ibrahima Konate, Naby Keita, dan Mohamed Salah.

Liverpool telah mengambil langkah bijak untuk mengakomodasi kebutuhan pemain Muslim mereka. Selama bulan suci Ramadan, pemain yang berpuasa diperkenankan untuk berlatih pada sesi pagi saja sehingga bisa istirahat di sore hari. Awalnya pemain Liverpool latihan pagi dan sore.

Selain itu, selama Ramadan juga terdapat aturan Liga Inggris yang menyatakan bahwa kapten dapat meminta istirahat minum setelah matahari terbenam bagi pemain untuk berbuka puasa saat pertandingan. [rif]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com