INDOPOLITIKA.COM – Tim Program Pengabdian kepada Masyarakat, Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Teknik (PPM PKMFT) Universitas Negeri Jakarta memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di MTS Madinatul Ilmi, Muara Gembong, Bekasi dan diterima langsung oleh perwakilan Yayasan Madinatul Ilmi, Latif Arbani pada Sabtu (23/7/2022) lalu.

Tim yang diketuai oleh oleh Drs. H. Sirojuddin, beranggotakan Wardoyo serta tiga mahasiswa dari jurusan Teknik Mesin ini memasang PLTS berkapasitas 300 watt ini sebagai bentuk penerapan Solar Cell sebagai sumber daya bagi pemenuhan kebutuhan listrik di daerah tersebut.

“Jadi kita terapkan Solar Cell pada saat listrik masjid atau listrik sekolah mati. Dimana sinar matahari diserap oleh solar panel kemudian dikonversi menjadi listrik DC sebagai sumber daya bagi keperluan tersebut, terutama pada saat listrik mati sekaligus mengurangi biaya beban listrik,” ujar Sirojuddin, Jumat (26/8/2022).

Selain itu, pemasangan PLTS secara gratis ini juga untuk keperluan penerangan jalan di sekitar MTS Madinatul Ilmi dan sound system mushola.

“Pemasangan PLTS ini Insya Allah mampu mengurangi beban penggunaan listrik yayasan serta dapat menjadi sumber energi listrik emergency saat terjadi pemadamaan listrik,” tegasnya.

Sementara itu, perwakilan Yayasan Madinatul Ilmi, Latif Arbani menuturkan daerahnya sering terjadi pemadaman listrik.

“Pemadaman listrik disini tidak hanya malam, Siang pun sering terjadi. Akibatnya kegiatan di sekolah jadi terganggu,” lanjutnya.

Lanjut Latif, dengan adanya pemasangan PLTS ini, sangat membantu yayasan serta masyarakat sekitar untuk penerangan jalan sekitar. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com