INDOPOLITIKA.COM – Demo penolakan harga bahan bakar minyak (BBM) terus berlanjut. Bahkan informasinya pada Selasa (13/9/2022) ini, sekira 8000 ribu massa dari berbagai elemen mahasiswa dan buruh kompak turun ke jalan lagi.

Mereka berencana bakal menggelar aksi unjuk rasa di seputaran kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat. Selain itu, demo juga berlangsung di Patung Kuda dan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Jakarta Selatan.

“Aksi demo hari ini Gebrak (Gerakan Buruh Bersama Rakyat), lokasi Patung Kuda,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan kepada wartawan, Selasa (13/9/2022).

“KPBI (Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia) di kantor Kemenaker RI. Selanjutnya akan bergabung dengan Gebrak di Patung Kuda,” tutur dia.

Selain itu, mahasiswa akan menggelar demo hari ini. Mereka akan melakukan demo di Patung Kuda.

“DEMA UIN Jakarta lokasi di Patung Kuda,” tutur dia.

Sementara itu, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) Bilal Sukarno menyampaikan, aksi yang akan digelar pukul 13.00 WIB ini bertitik di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), untuk kemudian melakukan long march ke Seputaran Istana Negara.

“Kita aksi di Istana Negara tapi kumpul dulu di Kementrian ESDM jam satu siang. Nantinya akan gabung dengan kawan-kawan buruh,” ujar Bilal saat dihubungi.

Menurut Bilal, massa aksi yang akan hadir diperkirakan sebanyak 8.000 orang, yang terdiri dari gabungan pelajar, mahasiswa, dan buruh.

“Estimasi massa aksi saat konsolidasi kemarin kurang lebih 8000 gabungan dari mahasiswa, pelajar, dan buruh,” ujarnya.

Selain itu, Bilal juga menuturkan, massa aksi kali ini dihadiri oleh berbagai aliansi mahasiswa dari berbagai kampus yang di Jakarta.

“Mahasiswa yang tergabung banyak hampir semua kampus-kampus di Jakarta ikut terlibat,” ucapnya.

Lebih jauh, Bilal juga menuturkan, masih banyak massa aksi dari aliansi mahasiswa yang tidak bisa ia sebutkan semuanya, akan terlibat pada unjuk rasa pada hari ini.

“Sebenarnya masih lagi banyak mahasiswa yang ikut, tapi aku gak bisa sebutkan semuanya,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Puluhan ribu massa dari elemen buruh dan mahasiswa yang terafiliasi dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) akan menggelar unjuk rasa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada Selasa, 13 September 2022.

Koordinator Gebrak, Nining Elitos, mengatakan, unjuk rasa akan dimulai di Kantor International Labour Organization (ILO) di Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, untuk selanjutnya melakukan long march ke Istana Negara. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com