INDOPOLITIKA.COM – Sebagai langkah antisipasi bencana alam saat menghadai cuaca ekstem.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang menyiagakan ratusan personel dalam 24 jam.

“BPBD memiliki 307 personil yang disiagakan 24 jam. Sedangkan sarana prasarana memiliki 16 unit perahu, 12 unit tenda, sembilan unit motor tempel, 39 unit alat potong pohon, 12 unit genset, sembilan unit pompa portabel dan tambahan tiga unit mobil pemadam kebakaran yang juga bisa digunakan sebagai pompa,” kata Kepala BPBD Kota Tangerang, Deni Koeswara dalam keterangannya, Sabtu (15/10/2022).

Lanjut Deni, ada tambahan kekuatan dalam sarana prasarana yang dimiliki PUPR.

“Ada 95 unit rumah pompa, 140 unit pompa listrik dan 71 unit disel serta pemeliharan 180 km drainase. Disbudparman juga rutin melakukan pemotongan pada pohon-pohon yang berpotensi tumbang,” jelasnya.

Tak hanya itu, BPBD Kota Tangerang juga menggalakan Kampung Tanggung Bencana yang saat ini berjumlah 26 yang dilengkapi sarana prasarana penanganan bencana.

“Pastinya, penanganan bencana musim penghujan jadi tanggungjawab kita bersama. Diimbau masyarakat untuk siaga menjaga kebersihan lingkungan, drainase atau gorong-gorong. Ketua RT juga siaga untuk menyalakan pompa diwilayahnya, saat banjir kemungkinan mulai datang,” ungkap Deni. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com