INDOPOLITIKA.COM – Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) mengumumkan penunjukan maestro sepak bola Italia Roberto Mancini sebagai pelatih kepala baru untuk tim nasional Arab Saudi.

Demikian dilaporkan Kantor Berita Arab Saudi (SPA) dikutip dari Al Arabiya, Senin 28 Agustus 2023.

Langkah ini dilakukan saat tim Saudi bersiap untuk berkompetisi di Piala Asia AFC 2023 yang sangat dinanti-nantikan, yang dijadwalkan akan diadakan di Qatar.

SAFF tidak memberikan rincian lebih lanjut, namun media Italia melaporkan Mancini akan berangkat ke Riyadh pada hari Senin untuk menghadiri acara presentasi dan menandatangani kontrak hingga 2027 senilai 25 juta euro ($27 juta) bersih per tahun.

Ia akan memulai debutnya dari bangku cadangan pada 8 September melawan Kosta Rika.

“Saya membuat sejarah di Eropa, sekarang saatnya untuk membuat sejarah dengan Saudi,” kata Mancini dalam sebuah video yang diposting di platform media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Menurut SPA, SAFF membuat pengumuman resmi kemarin, mengungkapkan bahwa Roberto Mancini akan mengambil alih kendali dari pelatih Prancis yang akan keluar, Hervé Renard.

Dengan rekam jejak yang mengesankan dan segudang pengalaman, penunjukan Mancini dipandang sebagai langkah strategis oleh SAFF untuk meningkatkan performa tim di panggung internasional, demikian laporan SPA.

Mantan pelatih Napoli Luciano Spalletti menggantikan Mancini sebagai pelatih Italia setelah ia mengundurkan diri pada 13 Agustus, mengakhiri lima tahun masa jabatannya sebagai pelatih tim nasional yang membawa mereka menjuarai Kejuaraan Eropa namun gagal lolos ke Piala Dunia.

Arab Saudi berinvestasi besar-besaran di liga sepak bola papan atas. Dana Investasi Publik Saudi (PIF) telah mengumumkan Proyek Investasi dan Privatisasi Klub Olahraga yang melibatkan juara liga Al Ittihad, Al Ahli, Al Nassr dan Al Hilal, dengan sejumlah pemain top yang pindah ke liga. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com