INDOPOLITIKA.COM – Hujan disertai angin kencang yang melanda Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten, mengakibatkan 13 bangunan dilaporkan mengalami kerusakan berat, rusak sedang dan rusak ringan.

Satu diantara rumah yang terkena bencana itu rusak total. Selain rumah warga, salah satu kubah masjid di Kecamatan Malingping terlepas karena terbawa kencangnya angin.

“Ada 45 rumah, satu kantor desa, jalan penghubung, serta kubah masjid terhempas di 9 kecamatan terdampak angin kencang. Untuk kategori rusak berat, ringan dan sedang, kita (BPBD, red) masih melakukan asesmen terhadap rumah-rumah yang terdampak,” kata Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama, Rabu (13/3/2024).

Cuaca ekstrim yang masih melanda wilayah Kabupaten Lebak, beberapa hari terakhir ini, harus diwaspadai bersama-sama.

Apalagi, kata Febby, Lebak yang memiliki wilayah perbukitan dan dikelilingi sungai berpotensi menimbulkan bencana seperti longsor dan banjir.

“Kita terus perkuat koordinasi dengan pihak-pihak terkait, baik itu pasca bencana maupun sosialisasi dalam memitigasi bencana,” ujar Febby.

“Kepada warga, untuk tetap siaga waspada, karna jika kembali turun hujan akan berpotensi banjir di wilayah tersebut. Untuk daerah yang berpotensi longsor, ketika hujan deras melanda agar segera mencari tempat yang aman agar tidak ada korban jiwa. Dan tidak dianjurkan untuk meneduh dibawah pohon, pada saat angin kencang dan petir,” imbuhnya. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com