INDOPOLITIKA.COM – Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat kembali menggelar sidang dengan terdakwa Mantan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) Senin (3/6/2024). 

Saksi dalam sidang ini antara lain mantan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono, mantan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Muhammad Hatta dan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi. 

Dalam kesaksinya, Dedi Nursyamsi mengaku pernah menyetorkan uang kepada SYL sebanyak Rp6,8 miliar. Uang tersebut diminta SYL selama empat tahun lamanya.

“Kalau untuk badan penyuluhan pengembangan SDM total berapa dari dari beliau jadi menteri hingga 2023?,” tanya hakim ketua Rianto Adam Pontoh di ruang sidang.

Mulanya, Hakim Ketua, Rianto Adam Pontoh bertanya kepada Dedi apakah ada sebagian uang untuk memenuhi kebutuhan SYL itu tidak terpenuhi dan Dedi menjawab ada. 

Kemudian hakim kembali bertanya yang tidak terpenuhi itu ditagih atau bagaimana dan Dedi menjawab ditagih terus oleh mantan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono dengan cara ditelepon dan berkata ‘segera selesaikan’. 

Selain itu, apabila setelah rapat, misalnya rapat eselon I dengan sekjen biasanya Kasdi mengingatkan kembali ‘segera tuntaskan’. 

Selanjutnya, hakim bertanya total pengeluaran Badan Penyuluhan Pengembangan SDM Pertanian Kementan untuk kebutuhan SYL dan Dedi mengatakan total Rp 6,8 miliar selama 4 tahun. 

“Kalau untuk Badan Penyuluhan Pengembangan SDM total berapa dari beliau jadi menteri hingga 2023?” tanya hakim. 

“Totalnya semua itu ada di BAP, kalau saya tidak salah ingat kurang lebih Rp 6,8 miliar,” jawab Dedi 

“Selama tiga tahun ya?” tanya hakim lagi. 

“Selama 4 tahun,” jawab Dedi. 

“Ditagih oleh siapa, biasanya siapa yang nagih?” ucap Rianto. 

“Kalau saya, Pak Kasdi,” sahut Dedi.  

“Cara menagihnya itu bagaimana, ditelepon Saudara atau didatangi Saudara atau gimana?” kata Rianto lagi. 

“Ditelepon seringnya,” balas Dedi.  

“Apa yang disebutkan ditelepon itu?” ucap Rianto. 

“Segera selesaikan,” tandas Dedi mengutip ucapan Kasdi padanya. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com