INDOPOLITIKA.COM – Sosok Airin Rachmi Diany dinilai sangat layak menjadi Gubernur Banten, periode 2024-2029. Popularitas serta elektabilitas mantan Wali Kota Tangsel dua periode itu berada di atas nama-nama lain yang saat ini beredar di masyarakat.  

Bahkan dalam beberapa hasil survei, Airin selalu unggul jauh meninggalkan nama tenar seperti Rano Karno maupun Wahidin Halim yang disebut-sebut perluang maju lagi di Pilgub Banten.  

Berdasar hasil survei terbaru Katadata Insight Center, perolehan suara Airin juga unggul. Keunggulan Airin juga sebelumnya dirilis dua lembaga survei yakni Indonesian Politics Research and Consulting (IPRC) dan ARCHI Research and Strategy. 

Sementara berdasarkan survei Katadata Insight Center, Airin dinilai paling layak menjadi gubernur Banten periode 2024-2029. Airin dinilai oleh 32,8% responden menjadi calon gubernur yang paling pantas menjadi Gubernur Banten. 

Sementara Rano sebesar 23,2%, dan Wahidin Halim 12,1% responden. Kemudian mantan Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mendapat 10,6% suara. 

Beberapa nama yang saat ini muncul menjadi bakal calon gubernur Banten, tidak mendapatkan penilaian signifikan. Sejumlah nama hanya mendapat kurang dari 5% suara responden, yakni Iti Octavia Jayabaya 4,0%, Gembong R Sumedi 2,7%, dan Ratu Ageng Rekawati 2,5. Kemudian nama-nama lain yang kurang dari 3 persen. 

Dalam siaran pers, Survey Manager KIC, Satria Triputra Wisnumurti dalam paparannya menuturkan, alasan utama responden dalam memilih kandidat adalah karena personal atau kapasitas dan kualitas kandidat sebesar 76,6%. 

“Meskipun alasan utama memilih kandidat bukan karena parpol dan ketum parpol, kandidat yang merupakan kader partai sebesar 53,3% paling banyak dipilih. Sedangkan yang bukan kader partai dipilih oleh 41,1%,” ungkapnya. 

Adapun metode dilakukan dengan survei online persepsi publik. Menggunakan platform data collection t-Survey yang mampu menjangkau responden secara akurat dengan memanfaatkan kapabilitas telco data insight Telkomsel. 

Survei dilakukan pada tanggal 3-9 Mei 2024 dan melibatkan 885 responden berusia lebih dari 17 tahun. Margin of error +/-1.1% pada tingkat kepercayaan 95%. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com