INDOPOLITIKA.COM – Mantan Walikota Tangsel dua periode Airin Rachmi Diany bersyukur akhirnya bisa tetap maju di Pilgub Banten meski tanpa atribut Partai Golkar. 

Terancam gagal ikut Pilgub, Airin-Ade Sumardi resmi diusung PDI Perjuangan. Keduanya dideklarasikan di ICE BSD, Minggu (25/8/2024). Selain PDIP, sejumlah partai nonparlemen juga memberikan dukungan untuk Airin untuk bisa bertarung di Pilgub Banten.  

Dinamika politik di Banten yang turut mewarnai perjalanan Airin bisa maju di Pilgub Banten turut disoroti netizen. Nama Airin pun trending di media sosial, seperti di platform X, Senin (26/8/2024). 

Kebanyakan dari netizen memberikan dukungan kepada Airin dan mendoakanya bisa melenggang mulus jadi Gubernur Banten mengalahkan kandidat yang diusung KIM.  

Tidak hanya itu, netizen juga menyoroti sikap Partai Golkar yang rela ‘membuang’ kader terbaiknya yang sudah berjuang keras membesarkan partai Golkar dan mendukung calon dari KIM. 

Netizen juga menyebut Partai Golkar ‘berkhianat’. Dukungan Prabowo yang menyebut Airin ‘Bu Gubernur Banten’ saat Pilpres lalu juga kembali diunggah netizen. Mereka menyebut, Airin kena prank atau PHP Prabowo.  

“Golkar Berkhianat? Airin tersingkir meski setia bertahun-tahun. Partai Golkar malah mendukung Andra Soni, padahal Airin dan keluarganya sudah lama setia di partai itu. Begini nasib loyalis kalau berhadapan dengan kepentingan partai,” ungkap salah satu netizen @b**g_m**in. 

“Keputusan MK telah menyeimbangkan Demokrasi Indonesia yang tadinya mau dikuasai KARTEL politik kekuasaan yang ingin menguasai seluruh kepala daerah di Indonesia yang akan membawa Indonesia ke sistem Ototrianisme. Selamat Ibu Airin Rachmi Diany dan bapak Sumardi bisa ikut Pilkada,” ucap @165****. 

“Airin itu, Ketua Umum Kesatuan Perempuan Partai Golkar. Untuk pilihan berkarya & mengabdi di Banten, Partai Golkar biarkan Airin berenang di samudera tanpa pelampung kecil di kaki. Tanpa parasut, ketika terjun di angkasa. Seorag perempuan hebat lain memberinya pelana. Berlari,” puji aku @In**aJ**ili**ng. 

“Hasil kerja pengurus @PartaiGolkar. “Raja Jawa” membuang salah satu kader terbaik Banten dengan tingkat keterpilihan lebih 70 %. Saya yakin Bu Airin berpeluang besar menang di Banten,” imbu akun @m***d_d**u. 

“Lagian kader Golkar dikudeta diam saja. Airin penyumbang suara terbesar GOLKAR di DAPIL 3 BANTEN masak digituin ya, Ngeri memang Raja Jawa. Padahal @prabowo dah pernah janji saat Nyapres, pengin memajukan Airin jadi CAGUB Banten,” sindir akun @har**no**i. 

Airin Berusaha Tegar Meski Tak Didukung Golkar 

Politikus Partai Golkar Airin Rachmi Diany nampak terisak saat menyampaikan pidato usai resmi mendapat dukungan dari PDIP untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024. 

Dalam sambutannya, Airin mengucapkan terima kasih kepada PDIP. Dia menilai peluangnya untuk maju meski tanpa dukungan Golkar sebagai keajaiban.  

“Betul, Pak Ahmad Basarah, Allah enggak tidur. Dalam setiap saya kunjungan ke masyarakat, saya selalu menyampaikan, di usia saya yang ke 47 tahun, dengan ujian yang sering Allah berikan kepada kami, saya merasakan betul ada banyak keajaiban, pertolongan, dan kemudahan yang Allah berikan dan Allah tunjukkan,” kata Airin dengan suara bergetar di ICE BSD, Minggu (25/8).

Dia memahami dalam beberapa waktu terakhir banyak yang bertanya, apakah dirinya bisa maju di Pilgub Banten. Padahal, selama dua tahun terakhir, ia mengaku terus terjun ke masyarakat dan melakukan sosialisasi.

“Banyak yang khawatir, banyak yang mendoakan kami, Ibu Airin jadi maju apa enggak? Padahal hampir dua tahun lebih bapak ibu mendampingi saya turun ke lapangan,” katanya.

Airin pun meminta doa agar dukungan PDIP bisa sampai ke pendaftaran di KPU. Dia enggan berkomentar soal sikap Golkar meski sempat menerima surat penugasan. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com