INDOPOLITIKA.COM – Bakal Calon Gubernur-Cawagub Banten, Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi semakin mantab bertarung di Pilkada 2024 ini. 

Duet keduanya kini diusung sembilan partai politik termasuk tujuh diantaranya partai nonparlemen. Sementara dua partai parlemen yang mengusung Airin-Ade yakni Golkar dan PDI Perjuangan.  

Tujuh partai politik nonparlemen yang mendukung Airin-Ade Sumardi yakni PBB, Partai Kebangkitan Nasional PKN, Partai Buruh, Partai Ummat, Partai Gelora, Partai Masyumi dan Partai Keadilan dan Persatuan (PKP). 

PKP 

Resmi mendukung Airin-Ade, DPP PKP meminta seluruh jajaran dari tingkat pusat  hingga daerah untuk memenangkan pasangan Airin-Ade sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Banten.  

Partai Gelora 

Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia sebelumnya mengusung pasangan calon gubernur dan calon Wakil Gubernur Banten Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi, yang ditandai dengan penyerahan Surat Keputusaan (SK) B1KWK yang diserahkan langsung Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta didampingi Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah kepada Airin Rachmi Diany di Gelora Media Center, Jakarta pada Minggu (25/8/2024) malam. 

“Partai Gelora sudah memberikan rekomendasi dukungan kepada Airin Rachmi Diany maju di Pilgub Banten. Kita sudah mendukung, tidak hanya PDIP dan Golkar,” kata Anis Matta, usai penyerahan SK Pilkada kepada pasangan Ridwan  Kamil di Gelora Media Center, Jakarta, Selasa (27/8/2024). 

Sekretaris DPW Partai Gelora Banten Junaidi Fajri, rekomendasi tersebut diberikan lantaran elektabilitas Airin yang unggul di masyarakat Banten dibandingkan pasangan lain.  

Hal ini menjadi salah satu faktor utama yang mendorong Partai Gelora memberikan dukungan penuh kepada pasangan Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi di Pilkada Banten 2024. 

Selain itu, prestasi gemilang yang telah diraih Airin selama menjabat Wali Kota Tangerang Selatan dan Ade Sumardi selama menjadi Wakil Bupati Lebak juga semakin mengukuhkan keduanya sebagai sosok yang kapabel dan layak memimpin Provinsi Banten.  

“Dukungan terhadap Ibu Airin dan Pak Ade semakin menguat dengan adanya banyak dukungan dari masyarakat Banten. Mereka meyakini bahwa Airin-Ade adalah sosok yang tepat untuk membawa Banten lebih sejahtera,” ujarnya. 

Partai Gelora memutuskan mendukung pasangan Airin-Ade di Pilgub Banten 2024.

PKN 

Sementara itu, Ketua PKN Banten, Sugiarto mengatakan, rekam jejak Airin sebagai Wali kota Tangerang Seatan dan Ade sebagai mantan Wakil Bupati Lebak telah menunjukan dedikasi dan komitmen yang kuat terhadap pembangunan daerah. 

“Kami yakin bahwa dengan bersatunya berbagai kekuatan politik dan dukungan masyarakat, kita bisa mencapai tujuan bersama mewujudkan visi Ibu Airin dan Pak Ade Sumardi yaitu Banten Maju Bersama,” ujarnya. 

Partai Ummat  

Sementara itu, Ketua DPW Partai Ummat Provinsi Banten, Subarkah Purbo Asmoro menilai, paslon ini tidak hanya memiliki visi dan misi yang sejalan dengan partainya, tetapi juga menunjukan fighting spirit dan tekad yang luar biasa. 

“Keduanya telah membuktikan kemampuan mereka dalam mengatasi berbagai tantangan dan menghadapi berbagai situasi dengan penuh semangat dan dedikasi,” kata dia. 

Partai Buruh 

Pasangan bakal calon gubernur Banten dan bakal calon wakil gubernur Banten Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi mengantongi rekomendasi dari Partai Buruh untuk maju pada Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Banten 2024, di Posko Partai Buruh, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (24/8/2028) malam. 

 Surat keputusan yang akan didaftarkan ke KPU itu, ditandatangani Presiden Partai Buruh, Said Iqbal. Kemudian diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal DPP Partai Buruh Ferri Nuzarli kepada Airin yang disaksikan Ketua Exco Partai Buruh Banten Tukimin beserta jajaran. 

Rekomendasi Partai Golkar diberikan lantaran Airin dinilai memiliki rekam jejak yang dibuktikan ketika menjabat Walikota Tangerang Selatan dua periode. Sedangkan Ade yang notabene Ketua DPD PDIP Banten merupakan anggota legislatif terpilih DPRD Banten di Pileg 2024. 

“Dengan dukungan dari Partai Buruh, semoga apa yang menjadi harapan kita bersama terkabulkan, Ibu Airin dan Pak Ade dilantik sebagai gubernur dan wakil gubernur Provinsi Banten periode 2024-2029,” ujar Tukimin.  

Bakal Calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany menerima surat dukungan resmi dari Partai Buruh untuk maju di Pilgub 2024.

Daftar ke KPU  

Sementara itu, Sekretaris DPD Golkar Banten Bahrul Ulum mengatakan, Airin-Ade akan mendaftarkan diri ke KPU pada Rabu (28/8/2024).  

“Persyaratan sudah lengkap, besok (hari ini, red) kami mendaftar ke KPU,” kata Bahrul.  

Bahrul memperkirakan Airin-Ade datang ke KPU Banten siang hari bersama tim dan partai pendukung. [Red] 

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com