INDOPOLITIKA.COM – Bagi Anda yang sering menggunakan ATM untuk melakukan transaksi perbankan, sebaiknya selalu waspada. Sebab bisa saja uang Anda di rekening raib. 

Seperti dialami salah satu korban saat bertransaksi di minimarket BSD, Rawa Buntu, Serpong, Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu. Korban mengalami kerugian mencapai Rp 107 juta.  

Polisi menduga, para pelaku merupakan sindikat yang dalam menjalankan aksinya tidak bekerja sendirian. Saat ini, polisi berhasil menangkap dua orang pelaku.  

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan, dua tersangka yang berhasil diringkus yakni ES dan MS.  

“Kedua tersangka ini ditangkap beberapa waktu yang lalu. Tersangka ES ini ditangkap pada Rabu, 4 September 2024 di daerah Jalan Veteran, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang,”  ujar Kombes Ade Ary Syam Indradi. 

Kombes Ade Ary Syam Indradi lantas menjelaskan peran para keduanya.  Pelaku ES berperan mengintip pin ATM sekaligus mengalihkan perhatian korban, sementara pelaku MS mengarahkan korban ke mesin ATM lain. 

“Saat korban menggunakan ATM di sebelahnya, para pelaku lainnya mengganti dan mengganjal dan mengambil ATM korban, dan diganti dengan ATM baru,” terang Ade Ary. 

Korban yang tak sadar ATM-nya telah ditukar pun akhirnya kehilangan uang di dalam rekening hingga Rp107 juta. 

Saat ini, kasus pengganjalan ATM di BSD ini masih dalam tahap pengembangan. Pihak kepolisian menduga aksi ini dilakukan oleh lebih dari dua orang, sehingga masih memburu pelaku lainnya. 

“Jadi hati-hati sindikat ganjal ATM ini tidak pernah bekerja sendirian.” 

“Jadi hati-hati saat kita mengambil ATM digerai-gerai. Kita harus mewaspadai kiri kanan,” imbau Ade Ary. [Red] 

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com