INDOPOLITIKA – Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep kembali menjadi sorotan. Bukan soal jet pribadi, tetapi pakaian yang ia kenakan saat blusukan ke Kabupaten Tangerang, tepatnya di Desa Daru, Kecamatan Jambe pada Selasa (24/9/2024) kemarin.  

Kunjungan ini bertujuan untuk mendengarkan langsung aspirasi masyarakat serta memperkenalkan program-program yang dijalankannya.  

Dalam blusukannya, publik gagal fokus dengan rompi yang dikenakan oleh Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini yang bertuliskan dan bergambar ‘Putra Mulyono’.  

Sontak saja, Putra Mulyono masuk trending di X (Twitter). Hingga Rabu (25/9/2024), Putra Mulyono sudah dicuitkan oleh hampir 20 ribu pengguna media X.  

Rompi Kaesang bertuliskan Putra Mulyono tak ayal menjadi pembahasan hangat netizen. Mereka menyebut, Kaesang seolah menantang.  

“Doi nantang, kite jabanin.. Ada yang bisa edit lebih baik?,” cuit akun  @BosPurwa. 

“Rompinya Kaesang bertuliskan Putra Mulyono, Kenapa tidak sekalian bertuliskan: Nebeng adalah jalan Ninjaku Atau Aku Kenal sama Fufufafa,” sindir akun @BangPino__. 

“Seperti sedang ingin mengejek Netizen, Kaesang memakai rompi Putra Mulyono Harusnya Putra Mulyono Raja Jawa, adiknya fufufafa,” timpal akun @CakKhum. 

“Seberapa kuat anda mampu membungkam keburukan. Datang dengan rompi Putra Mulyono seolah menantang kegundahan hati rakyat. Makin anda tunjukan kekuasaan anda, maka Aib yang anda terima akan datang tak terhentikan. Berusaha menjaga kerajaan yang anda dirikan, namun badai menerpa terasa berat,” timpal netizen lainya.  

Mulyono Nama Kecil Presiden Jokowi  

Ternyata Mulyono adalah nama kecil Presiden Jokowi yang diberikan saat ia lahir di Rumah Sakit Brayat Minulyo, Surakarta, pada tahun 1961.  

Jokowi mengakui bahwa nama tersebut diberikan oleh kedua orang tuanya, Widjiatno Notomihardjo dan Sudjitami Notomihardjo, saat ia lahir. Namun, nama itu tidak bertahan lama karena ia sering sakit semasa kecil.   

Menurut tradisi Jawa, jika seorang bayi laki-laki sering sakit, nama yang diberikan biasanya dianggap memiliki beban yang terlalu berat. Akhirnya, orangtua Jokowi memutuskan untuk mengubah nama Mulyono menjadi Joko Widodo. 

“Nama itu tidak bertahan lama karena orang tua saya segera mencari nama baru ketika saya sering sakit,” kata Jokowi dalam buku ‘Jokowi Menuju Cahaya’ karya Alberthiene Endah, yang dirilis pada tahun 2018. 

Kaesang Disambut Hangat Warga  

Dalam blusukan ini, Kaesang yang merupakan putra bungsu Presiden Jokowi, tampil santai. Dia memakai kaos polo hitam yang dibalut rompi tipis dengan warna senada. 

Rompi Kaesang ini cukup menyedot perhatian. Di bagian dada kiri dan bagian belakang, terlihat sablon warna merah jambu berbentuk kotak.  

Ada gambar siluet hitam dalam kotak tersebut. Siluetnya seperti sosok Presiden Jokowi yang sedang duduk. Di bawahnya ada tulisan “Putra Mulyono” dengan kata “Mulyuno dicetak lebih besar. 

Kaesang tiba di lokasi sekitar pukul 15.20 WIB. Dia didampingi Cawabup Kabupaten Tangerang, Lerru Yustira. 

Kehadiran Kaesang disambut hangat warga. Mereka berebut salaman dan berfoto bareng. Suami Erina Gudono itu, dengan sabar menyalami dan melayani warga yang minta foto. Kaesang lalu membagikan susu dan buku kepada anak-anak yang menyambutnya. 

Kaesang juga menyapa dan berbincang dengan warga. Di acara tersebut, Kaesang berjanji akan membedah beberapa rumah warga yang tidak layak huni. Kaesang mengungkapkan keinginannya untuk membantu warga. 

“Hari ini saya datang sebagai Ketua Umum PSI. Walaupun tidak bisa membuat kebijakan untuk publik, tetapi kami ingin membantu masyarakat agar memiliki rumah layak huni, khususnya di Kabupaten Tangerang,” ujar Kaesang. 

Empat rumah warga akan dibedah. Rumah tersebut sangat tidak layak huni lantaran masih berlantai tanah, berdinding anyaman bambu, dan sebagian atapnya hanya menggunakan pelepah kelapa. 

“Supaya kesenjangan sosial yang ada di Indonesia bisa berkurang, mungkin itu saja,” jelas Kaesang, menjelaskan maksudnya membedah rumah warga itu, sambil menutup kunjungannya. [Red] 

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com