INDOPOLITIKA – Timnas Indonesia U-20 berhasil mengalahkan Timor Leste 3-1 pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (27/9).

Tim Garuda Muda tampil mendominasi sepanjang pertandingan. Namun, Timor Leste bukan tanpa perlawanan. Tim tamu berhasil merepotkan Timnas Indonesia U-20 lewat serangan balik.

Indonesia unggul 1-0 lewat Jens Raven pada menit ke-13. Memanfaatkan umpan tarik Alfahrezi Buffon, tendangan pertama Raven berhasil diblok kiper Pablo Macario. Tapi, bola rebound berhasil dimanfaatkan Raven untuk mencetak gol. 1-0 untuk Garuda Muda.

Tidak butuh waktu lama bagi Indonesia untuk menggandakan keunggulan 2-0. Pada menit ke-16, sebuah umpan tarik Toni Firmansyah dengan mudah diteruskan Riski Afrisal untuk mencetak gol dengan sontekan.

Pada menit ke-33, Timor Leste kemudian hampir memperkecil kedudukan lewat Luis Figo Ribeiro yang lolos dari kawalan Iqbal Gwijangge. Beruntung penyelesaian akhir Figo masih tipis di sisi kiri gawang Ikram Al Giffari.

Skor 2-0 untuk Timnas Indonesia U-20 bertahan hingga akhir babak pertama.

Di awal babak kedua, Indra Sjafri melakukan tiga pergantian pemain. Figo Dennis, Maouri Ananda dan Muhamad Ragil masuk. Pergantian pemain itu membuat Timnas Indonesia U-20 kembali mendominasi permainan dan serangan. Tapi, pertahanan yang apik dari Timor Leste, ditambah permainan Indonesia yang terburu-buru, tim Garuda gagal menambah gol.

Gawang Indonesia justru nyaris kebobolan pada menit ke-55. Luis Figo Ribeiro lolos jebakan offside dan memanfaatkan kelengahan pertahanan Indonesia. Tapi, Ikram melakukan penyelamatan penting dengan memblok tendangan striker Timor Leste itu.

Luis Figo akhirnya benar-benar menghukum Indonesia pada menit ke-66. Lepas dari kawalan pertahanan Indonesia yang cukup tinggi, Luis Figo kemudian mengecoh Iqbal Gwijangge dan membobol gawang Ikram lewat tendangan mendatar ke pojok kiri gawang. Skor menjadi 2-1 untuk Indonesia.

Mental yang bagus diperlihatkan Timnas Indonesia U-20. Gol Timor Leste tidak membuat tim Garuda Muda panik. Pada menit ke-73, Figo Dennis hampir mencetak gol ketiga untuk Indonesia setelah tendangannya hanya mengenai mistar gawang usai menerima umpan Dony Tri Pamungkas.

Indonesia akhirnya berhasil mencetak gol ketiga pada menit ke-78. Muhamad Ragil dengan mudah menyontek bola ke gawang yang kosong usai menerima umpan silang Dony dari sisi kiri.

Timnas Indonesia U-20 kembali hampir mencetak gol pada menit ke-90 melalui Maouri Ananda usai menerima sepak pojok Dony Tri. Namun, peluang itu gagal membuahkan hasil. Skor 3-1 untuk Indonesia bertahan hingga laga usai.

Timnas Indonesia U-20 selanjutnya akan melawan Yaman di Stadion Madya, Minggu (29/9), untuk menentukan posisi juara grup dan lolos otomatis ke Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.(red)

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com