INDOPOLITIKA – Kecamatan Kosambi memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-32, sebuah momen bersejarah tercipta dengan diluncurkannya Batik Kosambi, sebuah simbol budaya dan identitas lokal, Jum’at (27/9/2024).

Acara ini diselenggarakan dengan penuh semangat gotong royong dan kebersamaan yang selaras dengan visi “Kosambi Rapih”, yang bertujuan menciptakan Kecamatan Kosambi yang lebih tertata, harmonis, dan maju dalam berbagai aspek.

Batik Kosambi hadir sebagai ikon budaya yang menggabungkan kekayaan tradisi lokal dengan nuansa modern. Peluncurannya tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat setempat, tetapi juga merupakan langkah strategis dalam mempromosikan ekonomi kreatif dan keberlanjutan budaya. Desain batik ini mengambil inspirasi dari Pohon Kosambi, serta nilai-nilai sejarah yang melekat pada Kosambi.

Camat Kosambi, H.Asmawi menyampaikan pandangannya mengenai peluncuran Batik Kosambi sebagai langkah penting dalam memperkuat identitas dan kebanggaan lokal.

Ia juga menekankan, bahwa Batik Kosambi bukan hanya sekadar kain atau produk fesyen, tetapi sebuah simbol dari kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki oleh masyarakat Kosambi.

“Peluncuran Batik Kosambi ini adalah salah satu bentuk upaya kami untuk melestarikan budaya lokal sekaligus memberdayakan ekonomi kreatif masyarakat. Batik ini diharapkan dapat menjadi identitas Kecamatan Kosambi dan dikenal luas, tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga nasional,” jelasnya.

Camat Kosambi mengapresiasi sinergi antara berbagai elemen masyarakat dalam mewujudkan peluncuran Batik Kosambi ini.

“Kolaborasi yang kuat antara pemerintah, pelaku UMKM, dan masyarakat menjadi kunci suksesnya acara ini. Saya berharap Batik Kosambi dapat menjadi ikon kebanggaan kita bersama dan menjadi salah satu produk unggulan dari Kecamatan Kosambi yang berdaya saing serta akan digunakan sebagai seragam Pegawai Kecamatan Kosambi setiap hari Kamis,” ujarnya.

Rangkaian acara HUT ke-32 Kecamatan Kosambi ini menunjukkan semangat kebersamaan dan sinergi yang kuat. Dan memperkuat komitmen untuk membangun Kosambi menjadi lebih baik.(Red)

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com