INDOPOLITIKA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan MotoGP Mandalika Pertamina Grand Prix di Sirkuit Pertamina Mandalika tetap akan berlangsung pada tahun depan sebagai salah satu seri balap motor kelas premier.

“MotoGP [Mandalika] tahun depan tetap berlanjut,” kata Jokowi usai menyaksikan full race MotoGP Mandalika 2024 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (29/9), dilansir dari Antara.

Jokowi yang didampingi Menteri BUMN Erick Thohir serta Menpora Dito Ariotedjo menyatakan MotoGP Mandalika 2024 berlangsung sukses. Persiapan ajang balap kelas dunia di Indonesia telah disempurnakan dengan melengkapi berbagai fasilitas.

Menurutnya Dorna selaku operator MotoGP mengapresiasi keberlangsungan balap bergengsi tersebut di Indonesia karena memiliki nilai keunikan.

“Dorna senang karena Indonesia selalu tampil beda, ada tariannya. Yang jelas ada banyak perbaikan dan yang kurang akan kami koreksi,” ucap Jokowi.

Keberadaan sumber daya manusia pendukung yang berasal dari wilayah setempat juga menjadi nilai plus dalam pelaksanaan MotoGP di Mandalika.

“Event ini sebagian besar adanya keterlibatan masyarakat lokal seperti Marshal yang merupakan warga NTB dan lainnya,” ujarnya menambahkan.

Sebelumnya sempat muncul isu Indonesia tidak akan lagi menjadi tuan rumah MotoGP pada tahun depan seiring keterlambatan pembayaran hosting fee pada tahun ini. Hal tersebut sudah dibantah Direktur Komersial InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) Troy Reza Warokka.

“Ya gak mungkin juga kan [dipindah]? Karena untuk membuat sirkuit tidak murah,” ujarnya, Sabtu (28/9).

Troy optimistis pagelaran MotoGP Mandalika sesuai dengan kontrak bersama Dorna Sports, yakni hingga 2031 mendatang. MotoGP Mandalika sendiri memiliki kontrak dengan Dorna selama 10 tahun sejak kali pertama digelar pada 2022.

“Dan sampai saat ini mungkin 5-10 tahun ke depan, ini masih yang terbaik, dan ini kan sudah dijadikan sebagai kawasan sport tourism oleh Pak Menteri BUMN Pak Erick Thohir,” terang Troy yang juga menjabat sebagai Chairman MotoGP Mandalika.(red)

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com