INDOPOLITIKA – Momen yang dinanti ratusan anggota DPR RI terpilih pada Pileg 2024 ini akhirnya tiba juga. Momen itu adalah pelantikan secara resmi sebagai anggota DPR RI.  

Pada Selasa (1/10/2024), sebanyak 580 anggota DPR periode 2024-2029 resmi dilantik menjadi anggota DPR 5 tahun mendatang. Mereka mengucapkan sumpah/janji dipandu Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin di ruang paripurna DPR, Gedung Nusantara atau Gedung Kura-kura, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024). 

Pelantikan ini disaksikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan presiden terpilih Prabowo Subianto. 

Berikut ini sumpah/janji anggota DPR masa bakti 2024-2029: 

“Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945.”  

“Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan.”  

“Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.” 

Setelah itu, anggota DPR menandatangani berita acara sumpah/janji, yang dilakukan secara simbolis oleh lima anggota Dewan. Lalu penyerahan memori DPR oleh pimpinan DPR periode 2019-2024 kepada pimpinan sementara DPR dan penandatanganan berita acara serah terima. 

Disaksikan Jokowi dan Prabowo  

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara pelantikan serta pengucapan sumpah/janji anggota DPR, DPD, dan MPR untuk masa jabatan 2024-2029, Selasa (1/10/2024). Rombongan presiden tiba di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta pada pukul 09.34 WIB. 

Presiden turun dari kendaraan dinas kepresidenan pada pukul 09.35 WIB dan berjalan berdampingan dengan presiden terpilih, Prabowo Subianto. Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo juga mendampingi mereka berdua dari belakang. 

Setelah itu, presiden berfoto bersama sejumlah pejabat lainnya sebelum memasuki ruang VVIP. 

Sebanyak 580 anggota DPR dan 152 anggota DPD yang terpilih berdasarkan Keputusan KPU atas hasil Pemilu Legislatif 2024 resmi dilantik pada Selasa ini di gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta. 

Jumlah anggota DPR yang dilantik meningkat dari 575 menjadi 580 orang, sementara anggota DPD bertambah dari 136 menjadi 152 orang dibandingkan dengan periode sebelumnya. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com