INDOPOLITIKA – Federasi sepak bola Malaysia (FAM) mengabarkan bahwa FIFA menolak naturalisasi Mats Deijl.

FIFA menilai Deijl tidak memenuhi syarat membela timnas Malaysia karena darah keturunannya tidak dari nenek atau kakek, tetapi dari buyut yang lahir di Singapura saat masih tergabung dengan wilayah Malaysia. Dalam aturan FIFA, pemain seperti ini tidak bisa diterima.

“Berdasarkan dokumentasi-dokumentasi yang telah dilampirkan, didapati bahwa pemain berusia 27 tahun itu hanya mempunyai darah keturunan Malaysia melalui moyang beliau,” tulis FAM.

Dalam rilis resmi FAM pada Selasa (1/9) disebutkan, ini sesuai dengan Artikel 8 Peraturan-Peraturan yang Mengawal Permohonan Statuta FIFA (Regulations Governing The Application Of The Statutes).

Pemain yang perpindahan federasinya bisa diterima FIFA memenuhi empat syarat. Pertama lahir di negara tersebut. Kedua, ibu pemain dan ayah pemain lahir di negara tersebut.

Ketiga nenek atau kakek pemain lahir di negara tersebut. Dan keempat, pemain itu telah menetap di negara tersebut lebih dari lima tahun secara berturut-turut.

Sejatinya FAM sudah melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan untuk perpindahan asosiasi Deijl. Karena itu FAM bersurat ke FIFA yang akhirnya dibalas FIFA pada 25 September.

“Berdasarkan jawaban FIFA itu, FAM mengesahkan bahawa pemain ini tidak dapat mewakili pasukan kebangsaan Malaysia disebabkan darah keturunan Malaysia adalah daripada moyangnya.”

Kendati begitu FAM tetap mengucapkan terima kasih kepada pemain Go Ahead Eagles tersebut. Niat dan keinginan Deijl diapresiasi, tetapi FAM tidak bisa meneruskannya untuk dinaturalisasi karena tak disetujui FIFA.(red)

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com