INDOPOLITIKA – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang menggelar Tangerang Agro Festival selama dua hari dari tanggal 4-5 Okberber 2024. Giat ini bagian dari rangkaian HUT Kabupaten Tangerang.

Kepala DPKP Kabupaten Tangerang, Asep Jatnika mengatakan Tangerang Agro Festival pertama kalinya diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dengan tema “Menggall Potensi dan Meningkatkan Kualitas Produk Unggulan Pertanian di Kabupaten Tangerang” serta akan menjadi agenda tahunan.

“Perhelatan Tangerang Agro Festival  menjadi salah satu rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-392 Kabupaten Tangerang,” ucapnya.

Dia menyampaikan, bahwa Tangerang Agro Festival menampilkan beberapa Pameran seperti, Produk Hasil Pertanian, Gerakan Pangan Murah, Pelayanan Kesehatan Hewan dengan melaksanakan vaksinasi rabies serta Kontes ternak domba dan Ayam kate.

Kegiatan hari ini diawali dengan senam pagi bersama 500 siswa sekolah dasar yang berasal dari 9 SD berlokasi di sekitar Desa Sarakan yang dilanjutkan dengan acara makan telur dan susu bersama sebagai bentuk sosialisasi peningkatan konsumsi protein hewani serta mendukung penurunan kasus stunting.

“Kegiatan ini memiliki makna yang sangat penting, tidak hanya sebagai bentuk apresiasi terhadap sektor pertanian dan peternakan, tetapi juga sebagai wujud nyata dari komitmen kita untuk memperkuat ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan sektor pertanian,” tuturnya.

Selain itu, sebagai upaya meningkatkan kompetensi petani, petugas dan pelaku pembangunan pertanian di Kabupaten Tangerang dibangunlah Gedung Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Pertanian, sebuah fasilitas yang akan menjadi pusat pelatihan bagi SDM pertanian.

“Gedung ini diharapkan mampu menjadi tempat di mana para petani dan pelaku agrobisnis bisa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang lebih maju, sehingga bisa bersaing di era modern,” ucapnya.

Gedung Pusat Pelatihan SDM Pertanian terdiri dari 3 Bangunan utama yaitu, Gedung area perkantoran & pelatihan, Gedung Penginapan serta mushalla dan Gudang Penyimpanan sarana produksi pertanian.

“Semoga acara ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi baru bagi kita semua. Mari bergandengan tangan membangun masa depan pertanian yang lebih cerah dan berkelanjutan,” tutupnya. [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com