INDOPOLITIKA – Ada kejadian menarik dalam debat perdana pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta yang telah berlangsung Minggu (6/10/2024) kemarin.   

Para paslon terlibat dalam diskusi mengenai berbagai isu, mulai dari peningkatan kesejahteraan rakyat Jakarta hingga isu tentang Covid-19 yang dianggap sebagai konspirasi global.   

Nama Dharma Pongrekun sempat mencuat di media sosial X. Menariknya, ia mengungkapkan bahwa pandemi dianggap sebagai agenda tersembunyi dari pihak asing untuk merampas kedaulatan negara.    

“Saya paham betul tentang pandemi ini. Pandemi ini adalah agenda terselubung dari asing untuk mengambil alih kedaulatan sehingga terlihat sekali segitu rapuhnya bangsa ini, ujar Dharma Pongrekun saat debat perdana Pilkada Jakarta, pada Minggu (6/10/2024).   

Pernyataan Dharma Pongrekun ia sampaikan saat merespons pertanyaan dari calon gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil memberikan pertanyaan kepada calon gubernur Jakarta nomor urut 2 Dharma Pongrekun terkait cara mengatasi pandemi Covid-19 bilamana menjadi kepala daerah di Jakarta. 

“Jangan sampai gara-gara pandemi, ekonomi hancur, dibiasakan online, UMKM hancur dan rakyat ditakut-takuti. Bagaimana akan menuju kota global sejati kalau hati rakyat disakiti, pikirannya dirusak, dan badannya diracuni. Semua itu hanyalah omong kosong belaka,” tambahnya.  

Ia pun juga menyinggung bahwa tes usap (swap) PCR yang selama ini digunakan bukan untuk mendeteksi Covid-19. Dengan pernyataannya ini, ia menegaskan pandangannya yang kontroversial mengenai penanganan pandemi.  

Trending di X  

Hingga siang ini, nama Dharma Pongrekun masih trending di X. Setidaknya cuitan yang berkaitan dengan Dharma sudah dicuitkan lebih dari 5 ribu netizen.  

“Soal pandemi, pernyataan Dharma Pongrekun melampaui manusia rata2. Dia berani mendobrak kebohongan covid. Sebagai warga negara, saya dukung dia sebagai pemimpin DKJ,” ucap pemilik akun @AGENDA21_EXPOSE. 

“Pernyataan Dharma Pongrekun lebih masuk akal, daripada pernyataan Ridwan Kamil membuat River way. Gagasan RK mengurangi pergerakan itu mencaplok gagasan Ahok, dimana bekerja disana juga tinggal. Perdebatan cagub DKI akan menarik kalau yg bertarung : Anies Vs Ahok Vs Pongrekun,” kata @Ryan_Fighter7. 

“Suatu kebanggaan melihat Dharma Pongrekun jd Trending Topic. Udah lama menantikan hal ini. Beliau berhak mendapat Spotlight,” tandas @allegrisaurus.

“Dharma Pongrekun ini lucu juga ya, ditanya bapak percaya covid atau tidak? jawabnya malah percaya tuhan”, tulis komentar akun @Rizkife_. [Mg-2]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com