INDOPOLITIKA.COM – Pj Gubernur Banten Al Muktabar, bersama jajaran Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Provinsi Banten, melakukan sidak harga barang kebutuhan pokok di awal bulan Ramadhan ini. Sidak dilakukan di Pasar Induk Rau, Kota Serang, Rabu (13/3/2024).

Dalam sidak tersebut, Al Muktabar mendapati harga sejumlah barang kebutuhan pokok masih tinggi, seperti beras yang masih di kisaran Rp16.000/kg. Lalu telur ayam ras yang mencapai Rp32.000/kg. Bawang putih Rp40.000/kg, bawang merah Rp35.000/kg dan Daging sapi Rp140.000/kg.

Meskipun harga di pasaran masih tinggi, namun kondisi itu diklaim Al Muktabar masih cukup stabil. Terlebih memang ini merupakan awal bulan puasa Ramadhan.

“Kondisi itu memeng terjadi secara nasional, tidak hanya di Provinsi Banten,” katanya.

Diakui Al Muktabar, sejauh ini untuk harga beras memang terjadi peningkatan HET, khususnya untuk beras premium menjadi Rp14.000, sehingga di pasaran harganya menjadi Rp16.000.

Namun demikian, masyarakat tidak perlu khawatir sebab secara stok kebutuhan masih mencukupi.

“Kita juga terus gencarkan agar Bulog bisa menyalurkan beras SPHP nya ke seluruh pasar tradisional di Banten secara merata. Ada 42 titik yang sudah kita kerjasamakan,” ucapnya.

Kemudian, lanjut Al Muktabar, terkait dengan stok ketersediaan cabai merah, bawang merah dan lainnya, ia memerintahkan agar PT ABM bisa segera melakukan kerjasama dengan daerah champion seperti Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Hal itu perlu disegerakan mengingat di bulan Ramadhan ini akan semakin banyak kebutuhan masyarakat akan barang-barang kebutuhan pokok itu. “Iya, harus segera,” pungkasnya [Red]

Cek berita dan artikel menarik lainnya di Google News Indopolitika.com