Jabat Kapolri, Idham Azis kini Jenderal Bintang Empat

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Mantan Kabareskrim, Idham Azis kni berpangkat jenderal bintang empat usai dilantik sebagai Kapolri, oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (1/11/2019). Sebelumnya, Idam Azis berpangkat Komisaris Jenderal (Komjen).

Kenaikan pangkat tersebut sesuai keputusan presiden Republik Indonesua Nomor 98 Polri Tahun 2019 tentang kenaikan pangkat dalam golongan perwira tinggi Polri.

Baca Juga:

“Presiden RI menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memutuskan menetapkan dan seterusnya, ke satu menaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada perwira tinggi Polri Komjen Idham Azis menjadi Jenderal Polisi terhitung pada tangal ditetapkan ini,” demikian dibacakan pihak protokoler Istana.

Selanjutnya, Jokowi mencopot pangkat bintang tiga yang tersemat di pundak Idham Azis. Lalu, dirinya memasang tanda pangkat menjadi bintang empat. Jokowi juga menepuk pangkat bintang empat yang disematkan di pundak Idham Azis sebanyak tiga kali.

Dia lalu memberikan tongkat komando kepada Kapolri Jenderal Idham Azis. Ketika pelantikan, Idham Azis pun bersumpah siap setia terhadap NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Idham juga berjanji akan melaksanakan aturan perundang-undangan yang sudah ada.

“Saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. Saya akan menjunjung tinggi Tribrata,” ujar Idham Azis menirukan Jokowi.

Idham pun menandatangani berita acara pelantikan yang disaksikan Mendagri Tito Karnavian dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *